Cara Mengatasi Speech Delay Pada Anak

speech delay anak
sumber = popmama

Anak di umur 2 tahun yang belum bisa berbicara dapat dikategorikan anak tersebut mengalami speech delay. Speech delay dapat terjadi karena berbagai hal, mulai dari gangguan pendengaran, kelainan struktur mulut, hingga gangguan saraf pada anak. Speech delay merupakan penyakit yang jarang disadari oleh orang tua si anak, apabila lambat dalam penganan tentunya akan berakibat fatal. Kebanyakan orang tua masih belum paham / mengetahui tanda – tanda speech delay pada anak.

Tanda – Tanda Speech Delay

  • Jarang mencoba berbicara atau meniru perkataan orang lain
  • Tidak bereaksi saat dipanggil
  • Menghindari kontak mata saat diajak berbicara
  • Kesulitan menyebutkan benda-benda di rumah
  • Belum bisa merangkai dua atau tiga kata
  • Tidak dapat mengikuti petunjuk sederhana
  • Memilih menunjukkan gestur tubuh daripada berbicara saat meminta sesuatu

Jika anak mengalami mayoritas dari tanda – tanda diatas segera bawa ke dokter terdekat untuk penanganan tepat. Apabila bunda ingin mengurangi resiko speech delay, bunda bisa melakukan beberapa tips dibawah ini:

  • Lakukan Diskusi Sederhana dengan Si Kecil

Rajin mengajak Si Kecil ngobrol menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi keterlambatan bicara pada anak. Ajak anak berdiskusi mengenai hal-hal yang menarik bagi mereka, misalnya membahas tentang kartun kesukaan atau kegiatan yang dilalui selama satu hari. Tidak perlu kalimat yang panjang, gunakan kalimat-kalimat sederhana yang mudah dimengerti anak, sehingga anak tidak kesulitan untuk menjawab semua pertanyaan ibu. Dengan begini, ibu menciptakan suasana diskusi yang menarik untuk anak. Ke depannya, anak juga akan tertarik jika ibu kembali mengajak anak berdiskusi.

  • Belajar Bernyanyi Bersama

Bernyanyi merupakan salah satu kegiatan menyenangkan untuk anak kecil. Ciptakan suasana menyanyi sesantai mungkin, berikan lagu anak-anak yang memiliki kata-kata sederhana dan nada sederhana. Lakukan nyanyian dengan memberikan sedikit gerakan tarian agar anak merasa tertarik. Selain melatih gerak, bernyanyi bersama akan membuat anak memiliki tambahan kosakata. Tidak perlu berganti lagu setiap hari, yang penting anak ibu bisa bertambah kosakatanya setiap hari. Jika satu lagu sudah berhasil dinyanyikan dengan baik, boleh berganti lagu agar kosakata juga semakin bertambah.

  • Memberikan Paramorina Upbrainina

Setelah mempraktikan 2 tips diatas, bunda dapat memberikan asupan tambahan yaitu Paramorina Upbrainina. Paramorina Upbrainina merupakan produk madu herbal pilihan dengan salah satu manfaatnya yaitu membantu anak yang mengalami speech delay. Harga yang sangat terjangkau dan rasa yang disukai anak, membuat produk Paramorina Upbrainina laris dibeli oleh bunda – bunda. Bunda dapat membeli secara mudah dengan mengunjungi katalog Paramorina Upbrainina.

 

Sumber = alodokter & halodoc

Tinggalkan Balasan

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping