5 Manfaat Ekstrak Ikan Gabus untuk Tubuh

ikan gabus

Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki manfaat kesehatannya yang luar biasa karena terdapat banyak kandungan nutrisi dan senyawa aktif bagi tubuh manusia. Menurut jurnal ilmiah berjudul Albumin And Zinc Content Of Snakehead Fish (Channa striata) Extract And Its Role In Health, ikan gabus ini perlu proses pengolahan hingga menjadi bahan aktif untuk mendapatkan protein plasma (sarkoplasma) yang mengandung albumin. Berikut 5 manfaat ekstrak ikan gabus untuk tubuh:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi

Salah satu manfaat utama dari ekstrak ikan gabus adalah kemampuannya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam ekstrak ikan gabus terdapat protein yang menjadi penyusun antibodi, mineral, kandungan asam amino seperti Arginine dan Glutamine yang dapat bantu meningkatkan produksi sel darah putih serta bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan mengkonsumsi ekstrak ikan gabus secara teratur, sistem kekebalan tubuh dapat diperkuat, dan risiko penyakit dapat berkurang. 

  • Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Dalam ekstrak ikan gabus terdapat suatu kandungan yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke yaitu kandungan asam arakidonat. Kandungan asam arakidonat yang terdapat pada ekstrak ikan gabus menjaga keseimbangan lipid dalam darah yang terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Mengurangi peradangan dalam tubuh dan mempercepat penyembuhan luka

Senyawa aktif dari ekstrak ikan gabus memiliki sifat anti inflamasi yang kuat sehingga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kondisi seperti arthritis dan gangguan inflamasi lainnya. Metabolit yang berasal dari oksidasi ARA tidak memulai tetapi berkontribusi terhadap peradangan dan yang paling penting mengarah pada pembentukan mediator yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan peradangan dan penyembuhan luka.

  • Mengurangi gejala migrain atau sakit kepala

Ekstrak ikan gabus bahkan dapat membantu mengurangi gejala migrain yang sering kali menyerang anak-anak, remaja, atau dewasa muda bahkan hingga terkait dengan peradangan pembuluh darah di otak.

  • Mengontrol kolesterol dan tekanan darah

Kandungan omega-3 dalam ikan gabus dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu dapat membantu mengatur tekanan darah, menjaga elastisitas pembuluh darah, dan mengurangi risiko pembekuan darah yang tidak diinginkan. Tidak hanya itu, ekstrak ikan gabus juga diketahui memiliki efek positif terhadap kesehatan kardiovaskular.

 

Dalam kesimpulannya, ekstrak ikan gabus adalah sumber nutrisi yang kaya dan memiliki banyak manfaat kesehatan yang menarik. Dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi resiko jantung dan stroke, mengurangi peradangan dalam tubuh, mengurangi gejala migrain hingga kontrol kolesterol dan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi produk yang mengandung ekstrak ikan gabus, individu dapat merasakan manfaat kesehatan yang luar biasa yang ditawarkan oleh ikan gabus ini.

Tinggalkan Balasan

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping