5 Cara Menidurkan Bayi Dengan Mudah

Cara menidurkan bayi

Salah satu tantangan orang tua ketika sudah memiliki bayi adalah membuat si bayi tidur dengan mudah. Kebanyakan orang tua masih belum memahami / belum teredukasi mengenaik menidurkan bayi dengan mudah. Kebanyakan hanya sekedar menaruh bayi di kamar, menggendong – gendong, dsb. Nah, kali ini Solusi Anak Hebat akan memberika tips & trik menidurkan bayi dengan mudah.

1. Atur suhu ruangan

Sama seperti orang dewasa, bayi tidak bisa menikmati tidur di ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Oleh karena itu, aturlah suhu kamar tidur dan kelembapannya agar nyaman sebagai cara menidurkan bayi supaya ia tertidur dengan nyenyak. Umumnya, suhu kamar tidur yang dianggap ideal untuk bayi adalah sekitar 21−22 derajat Celsius. Jika bayi terlihat berkeringat, tambahkan lapisan kain untuk membantu menyerap keringat dan jangan dibedong. Sementara jika bayi merasa kedinginan, tambahkan selimut supaya ia kembali nyaman.

2. Berikan pijatan

Salah satu cara menidurkan bayi yang efektif adalah dengan memberinya pijat bayi. Pijatan yang lembut dapat membuat bayi merasa nyaman dan rileks. Pijatlah bagian lengan, kaki, dan perutnya sebelum tidur. Tidak perlu terlalu lama, cukup lakukan hal ini sekitar 15 menit saja. Anda juga bisa menggunakan baby oil sebagai minyak pijat. Sebaiknya, hentikan pijatan bila bayi terlihat tidak nyaman dan rewel.

3. Berikan pakaian yang nyaman

Bila Anda menginginkan bayi tidur dengan nyenyak, berikan ia pakaian dari bahan yang nyaman seperti katun. Ini juga merupakan salah satu cara menidurkan bayi agar ia tidur lebih cepat. Selain itu, pakaikan popok yang mudah menyerap cairan untuk mengantisipasi apabila bayi pipis, sehingga tidurnya tidak terganggu.

4. Hindari Kontak Mata

Kontak mata dengan orangtua akan memancing stimulasi bayi, sehingga rasa kantuk bayi malah akan hilang. Cara menidurkan agar bayi cepat tidur lainnya adalah dengan tidak melakukan kontak mata supaya ia segera terlelap. Minimalisir interaksi antara ibu dan bayi, seperti berbicara atau menyanyikan lagu favoritnya. Usahakan untuk tetap diam, tatap bagian perut bayi, dan tepuk perlahan supaya bayi terlelap.

5. Jangan sering mengganti popok

Banyak orangtua yang punya aturan ketat seputar jadwal mengganti popok, terutama saat malam hari. Tidak jarang, bayi dibangunkan dan malah menjadi sulit tidur kembali. Cara membuat bayi agar tidur nyenyak di malam hari, solusinya adalah dengan menggunakan popok bayi berkualitas tinggi. Selain itu, cukup mengganti popok jika bayi BAB atau popok sudah kotor.

 

Sumber = alodokter & sehatq

Tinggalkan Balasan

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping