4 Jenis Vitamin Nafsu Makan Anak

vitamin nafsu makan anak

Salah satu yang dikhawatirkan jika sudah memiliki buah hati adalah nafsu makan. Sering terjadi kasus mengenai si kecil yang sangat susah untuk makan / kehilangan nafsu makan. Hal ini tentu membuat para orang tua khawatir, sebab jika si kecil tidak nafsu makan sudah pasti akan kekurangan gizi dan rentan terkena berbagai macam penyakit.

Biasanya para orang tua mensiasati dengan memberikan berbagai macam vitamin nafsu makan supaya si kecil bertambah nafsu makannya. Ada beberapa jenis vitamin nafsu makan anak yang cocok untuk si kecil :

  • Vitamin D

Jenis vitamin penambahan nafsu makan anak adalah vitamin D. Vitamin D merupakan salah satu vitamin terpenting yang dibutuhkan untuk berfungsinya tubuh si kecil. Vitamin ini bahkan membantu tubuh untuk menyerap beberapa vitamin dan mineral penting lainnya di dalam tubuh. Vitamin D juga adalah nutrisi penting yang membantu fungsi ginjal.

Anda dapat menambahkan susu yang diperkaya dalam makanan anak sebagai stimulan nafsu makan. Tapi, jika anak intoleran laktosa maka Anda bisa memberikan jus jeruk atau telur untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuhnya.

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang paling bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan anak; karena kekurangan vitamin Vitamin D adalah salah satu penyebab utama hilangnya nafsu makan. Jadi, memasukkan vitamin D ke dalam makanan anak akan bekerja sebagai stimulan nafsu makan yang efisien.

  • Vitamin B-12

Jenis vitamin penambah nafsu makan anak yang kedua adalah vitamin B-12. Terdapat beberapa suplemen vitamin yang tersedia di pasaran untuk meningkatkan nafsu makan. Dan, jika Anda membaca label suplemen-suplemen tersebut, Anda akan menemukan Vitamin B-12 terdaftar sebagai salah satu yang paling penting di antara banyak lainnya.

Vitamin ini juga bisa disebut dengan nama lain seperti cyanocobalamin, methylcobalamin, dll. Vitamin ini membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Plus, vitamin B-12 membantu dalam metabolisme protein dan lemak dalam tubuh anak. Tugas penting vitamin B-12 ini menjadikannya salah satu vitamin yang sangat penting bagi anak-anak untuk meningkatkan nafsu makan.

Produk susu, ikan, daging merah, telur, dan babi dianggap sebagai sumber yang kaya vitamin B-12. Ini adalah vitamin yang larut dalam air, oleh karena itu, dikeluarkan oleh tubuh melalui urin jika anak Anda menerimanya dalam jumlah berlebihan melalui makanan. Namun demikian, untuk mengatasi kekurangan vitamin atau untuk meningkatkan nafsu makan, rahasianya terletak pada pemberian vitamin B-12 dalam dosis yang tepat sebagai perangsang nafsu makan.

  • Vitamin D-3

Jenis vitamin penambah nafsu makan anak yang ke empat adalah vitamin D-3. Vitamin D-3 adalah bentuk yang lebih kompleks dari vitamin D. Peran vitamin D-3 adalah untuk membangun kepadatan tulang yang tepat. Anda mungkin hanya tahu bahwa kalsium penting untuk tulang yang kuat. Tapi, vitamin D-3 pada dasarnya dibutuhkan bersama dengan kalsium untuk membangun tulang yang padat dan kuat. Juga, membantu mencegah perkembangan osteoporosis pada usia dini.

Tapi, tahukah Anda bahwa vitamin D-3 juga merupakan stimulan nafsu makan yang penting karena membantu pencernaan makanan yang dimakan anak Anda? Oleh karena itu, kekurangan vitamin D-3 perlu diperbaiki untuk meningkatkan nafsu makan mereka. Anda dapat meningkatkan kadar vitamin D dan kalsium melalui suplemen dan perubahan pola makan.

Tetapi, kadar vitamin D-3 yang tepat hanya dapat dimungkinkan jika anak mendapat setidaknya setengah jam sinar matahari. Sinar matahari mengubah vitamin D menjadi vitamin D-3. Anda dapat membawa anak keluar di tempat terbuka dengan sinar matahari yang cukup untuk bermain dengannya. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan nafsu makan, tetapi aktivitas fisik juga akan bertindak sebagai perangsang nafsu makan.

  • Vitamin C

Jenis vitamin penambah nafsu makan anak yang kelima adalah vitamin C. Vitamin C tidak hanya vitamin tetapi juga antioksidan yang membantu mencegah tubuh dari berbagai masalah kesehatan. Juga, ini adalah vitamin penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang normal. Kekurangan vitamin C dapat memperlambat perkembangan fisik anak. Selain itu, ini adalah salah satu vitamin terpenting untuk meningkatkan nafsu makan anak karena membantu penyerapan zat besi dari makanan yang dimakan oleh si kecil.

Vitamin C juga meningkatkan nafsu makan dengan meningkatkan apresiasi rasa. Makanan kaya vitamin C dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam menu harian anak untuk meningkatkan nafsu makannya. Sumber vitamin C yang kaya adalah tomat, labu, lemon, jeruk, dll. Sumber makanan ini dapat dicampur ke dalam resep yang menarik saat memasak sehingga anak akan memakannya tanpa keluhan. Tingkat vitamin C yang cukup dalam tubuh anak juga akan melindunginya dari flu musiman, dan juga alergi.

 

Sumber : kompas, hellosehat, merdeka, farmaku

Tinggalkan Balasan

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping